UNBK 2020, 100% MATERI K13





UNBK 2020, 100% MATERI K13

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Di satu sisi, dengan UNBK tingkat kejujuran peserta didik lebih tinggi dibandingkan dengan Ujian berbasis pensil dan kertas. Peserta didik tidak bisa lagi menyontek di sebelah kiri kanan mereka karena soal secara acak ditampilkan di layar monitor laptop/komputer. Yang kedua, ditinjau dari segi ekonomisnya. Dengan UNBK, anggaran untuk penggandaan soal ditiadakan, dalam hal ini menghemat anggaran pendidikan. Ditambah lagi tidak harus dikawal oleh petugas keamanan pergi mengambil soal, dan mengantar lembar jawaban ke kabupaten dan provinsi. Namun, di sisi lain dengan UNBK, motivasi sebagian peserta didik berkurang karena tidak adanya standar kelulusan yang ditetapkan oleh pemerintah. Proses kelulusan sepenuhnya diserahkan ke satuan pendidikan, artinya masih adanya subjektivitas dari guru untuk meluluskan peserta didik.
Pada tahun ini, materi UNBK untuk SMA sepenuhnya diambil dari kurikulum 2013. Hal ini berdasarkan pemetaan sekolah bahwa tahun pelajaran 2019/2020, semua SMA sudah melaksanakan kurikulum 2013 untuk peserta didik kelas XII. Ini berarti kisi-kisi Ujian Nasional tahun ini diprediksi akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Bahkan, ada wacana bahwa UNBK tahun ini tingkat kesulitan soal akan lebih tinggi. Soal-soal HOTS meningkat menjadi 50% dari tahun sebelumnya untuk setiap mata pelajaran.
Untuk itu, kesiapan tenaga pendidik dan peserta didik menghadapi UNBK tahun 2019/2020 harus lebih matang, terutama melatih diri untuk mengerjakan soal-soal HOTS yang lebih menekankan ke tingkat analisis. Oleh karena itu, bimbingan belajar harus dipersiapkan sejak sekarang. Hal ini untuk mengantisipasi kebingungan peserta didik dalam menghadapi soal-soal sulit, terutama bagi peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau peserta didik yang ingin bekerja di sebuah instansi yang mempersyaratkan rata-rata nilai UNBK, misal TNI yang harus minimal rata-rata 40,00.
Dengan demikian, hal terpenting bagi peserta didik untuk menghadapi UNBK adalah banyak membaca, memahami maksud soal, menganalisis, dan berusaha menyelesaikan soal-soal tingkat sulit dengan waktu yang seefisien mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin kalau Tuhan menghendaki. Tugas manusia adalah berusaha dan berdoa. Sukseskan UNBK 2020 dengan jujur dan bermartabat.




Pengumuman & Info Penting

  • JADWAL UPDATE DATA PERIODIK SISWA
    Posting : 07-09-2019
    Selengkapnya...
  • Kewajiban berseragam lengkap
    Posting : 11-05-2017
    Selengkapnya...
  • Kontak Kami

    SMAN 14 BONE:
    Jl. Poros Bone - Wajo KM.17, Kelurahan Tokaseng,
    Kecamatan Tellu Siattinge,
    Kabupaten Bone,
    Kode Pos : 92752
    Telepon : 0481-2912558
    E-mail : uptsman14bone@gmail.com

    Website : www.sman14-bone.sch.id
    Admin Ardiansyah, S.Sos.
    Hp/Wa 085242230585

    KEGIATAN PASKIBRA

    Klik Untuk Lihat Foto-foto

    Penerimaah Hadiah Prestasi Sekolah

    Klik Untuk Lihat Foto-foto

    LOGO SEKOLAH DAN PROVINSI

    Klik Untuk Lihat Foto-foto

    KEGIATAN PIK - R

    Klik Untuk Lihat Foto-foto

    KEGIATAN EKSKUL OLAHRAGA

    Klik Untuk Lihat Foto-foto

    Penamatan Siswa

    Klik Untuk Lihat Foto-foto


    Untitled Document